Rabu, 22 Juni 2011

Proses Pembuatan Kopi Luwak

Proses pembuatan kopi luwak cukup sederhana. Hanya memerlukan 2 bahan yaitu : biji kopi (coffee bean) dan hewan luwak. Prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Pemetikan Kopi
Saat memetik, harus benar-benar dipilih kop yang matang di pohon, di tandai dengan warna merah pada kulit kopi.

jual kopi luwak asli lampung

2. Pelepasan Hewan Luwak
Biji kopi yang telah dipetik, dikumpulkan pada suatu tempat, kemudian hewan luwak dilepaskan di tempat tersebut agar memakan kopi. Tempat ini biasa tertutup, semacam kandang, agar luwak tidak pergi setelah memakan kopi.

kopi luwak kafe

Setelah itu tunggu hingga luwak mengeluarkan kotorannya. Dalam kotoran itu, luwak hanya mencerna kulit kopi, sedangkan biji kopi masih utuh. Inilah yang unik dari proses pembuatan kopi termahal di dunia ini, luwak hanya memilih kopi yang benar-benar matang sempurna, untuk kemudian difermentasi di dalam perutnya, dicerna kulitnya, dan dikeluarkan biji kopi dalam keadaan utuh melalui kotorannya.

3. Pembersihan
Proses selanjutnya adalah mengumpulkan kopi yang ada dalam kotoran luwak, dibersihkan, dan dijemur hingga kering sempurna.
coffee luwak kopi

Untuk selanjutnya, biji kopi yang telah kering bisa langsung di packing atau dilakukan proses selanjutnya seperti pemasakan dan penggilingan sehingga menjadi bubuk kopi yang siap diseduh.